Pages

Thursday, January 24, 2013

SANG HYANG SEMARA RATIH

Apa yang anda ketahui tentang 'cinta'? Cinta adalah anugrah Tuhan yang sulit dimengerti. Ia datang dan pergi tanpa kita kehendaki (seperti jailangkung). Kita tidak bisa mengejar cinta dan juga tidak bisa menolak kedatangannya. Anda pernah mendengar pernyataan 'Love Is War'? Itulah anugrah dahsyat yang kita alami dalam kehidupan.

Dalam agama Hindu cinta dilambangkan dalam sebuah simbol 'Sang Hyang Semara Ratih', yaitu Sang Hyang Semara (Dewa Cinta) bersanding dengan Sang Hyang Ratih (Dewi Bulan).
Saya mencoba melukiskan simbol ini dalam wayang gaya kamasan berjudul 'Sang Hyang Semara Ratih'.

Sket tangan hitam putih sebelum pewarnaan

Lukisan 'Sang Hyang Semara Ratih' (setelah pewarnaan)
Dari awal sampai akhir lukisan tersebut saya kerjakan melalui komputer dan hasilnya berupa file jpeg yang di-print dalam kain kanvas ukuran 60 x 80 cm ataupun bisa pada kain lainnya.

Lukisan yang telah di-print
Dalam agama Hindu, simbol ini merupakan kelengkapan dari upacara dewa yadnya ngenteg linggih yang dipajang pada bale peselang, serta upacara adat manusa yadnya potong gigi (mepandes).
Lukisan yang selesai pada tahun 2011 ini saya haturkan untuk upacara nubung daging lan ngenteg linggih di Pura Sukangeneb Kawitan Sira Arya Gajah Para, Tianyar Karangasem.

6 comments:

  1. ini pakai program apa lukisnya? saya juga melukis wayang kamasan melalui komputer. tp hasil printnya gak bagus kayak gini...?

    ReplyDelete
  2. Nunsewu, bli, sy mohon ijin donlot gambarnya ya, buat sy print dan sy jadikan koleksi sy. Bli boleh percaya sy, sy akan sertkan link web ini di belakang print out gambar. Terimakasih sebelum sesudah, matur suksma

    ReplyDelete