Pages

Wednesday, January 23, 2013

BALI KLASIK - LUKISAN GAYA KAMASAN

Seni lukis gaya Kamasan sampai saat ini masih melekat dihati masyarakat Bali, terutama pada masyarakat Kamasan Klungkung. Mereka masih menekuni seni lukis ini, salah satunya sebagai mata pencaharian.
Pemerintah kota Klungkung saat ini sedang gencar mempromosikan budaya Kamasan ini melalui pariwisata Kertha Gosa. Di tempat ini lukisan wayang gaya Kamasan terpajang pada langit langit bangunan sebagai hiasan yang memiliki makna positif dalam budaya Bali.


Lukisan wayang kamasan di Kertha Gosa

Sejak kecil (sekolah dasar) saya sangat tertarik dengan lukisan wayang gaya Kamasan. Saya berusaha belajar sendiri dengan cara mengamati setiap karakter lukisan tersebut. Berkunjung ke Kerta Gosa dan Desa kamasan dengan cara mengambil photo dari lukisan tersebut tidak lepas dari usaha saya untuk belajar. Mereka masih melukis wayang dengan teknologi tradisional.

Setelah mempertimbangkan adanya kemajuan teknologi, maka saya mencoba melukis wayang gaya Kamasan tersebut dengan teknologi modern. Saya mulai mencoba membuat sket wayang melalui media Photoshop dengan bamboo wacom, dan hasilnya lumayan bagus. Jadi saya memiliki file Psd dan Jpeg yang cukup besar resolusinya.


 Dewata Samudaya
                                                                           
Detail lukisan

Lukisan ini merupakan gambaran para dewata di khayangan dengan mengambil posisi ngider bwana. Lukisan ini lengkap dengan nama para dewa dalam aksara bali.
Setelah selesai tahap melukis, file jpeg tersebut di-print pada sebidang kain kanvas dengan luas 85 x 100 cm. Biaya print-nya cukup mahal, tetapi tidak masalah bagi saya yang penting kualitasnya sangat bagus. Lukisan ini selesai pada tahun 2012.


Lukisan Dewata Samudaya dalam kanvas 










Lukisan tersebut saya haturkan dan dipajang pada parba bale piyasan di pura kawitan.


No comments:

Post a Comment